Biaya Ganti Plat Mobil 5 Tahunan.webp

Biaya Ganti Plat Mobil 5 Tahun – Syarat & Cara Mudah Tanpa Calo

Biaya Ganti Plat Mobil 5 Tahunan

Pemilik mobil harus mempersiapkan biaya ganti plat mobil 5 tahunan. Plat nomor adalah identifikasi kendaraan yang penting, juga sebagai bukti bahwa kendaraan sudah memiliki izin secara legal untuk beroperasi di jalanan. 

Bila kamu tidak mengganti plat nomor setelah masa berlakunya habis (5 tahun), maka kendaraan itu tidak memenuhi syarat administrasi dan hukum untuk digunakan di jalan.

Penggantian plat mobil juga berkaitan dengan perpanjangan STNK 5 tahunan dan melunasi pajak tahunan. 

Yuk, simak rincian biaya ganti plat mobil 5 tahunan, syarat, dan prosesnya pada artikel ini! 

Biaya Ganti Plat Mobil 2023 Tanpa Calo 

Pemilik kendaraan harus ganti plat nomor kendaraan setiap 5 tahun sekali. Masa berlakunya bisa kamu cek di plat nomor itu sendiri–di bagian bawah dengan format bulan dan tahun.

Masa berlakunya juga sama dengan masa berlaku STNK yang juga harus diperpanjang setiap 5 tahun sekali. 

Sebagai informasi, biaya ganti plat mobil 5 tahunan adalah Rp100.000. Itu semua sudah termasuk biaya ganti kaleng plat mobil. 

Kamu akan mendapat kaleng plat nomor mobil baru dengan tanggal berlaku plat yang baru–masa berlaku terhitung 5 tahun dari sekarang. 

Namun, ada biaya administrasi kendaraan lainnya yang harus dilunasi. Rincian biaya ganti plat mobil 5 tahunan, meliputi:

Jadi, kamu tidak bisa datang ke Samsat hanya untuk ganti plat nomor mobil setelah masa berlakunya habis. Rangkaian ganti plat nomor 5 tahunan harus bersamaan dengan perpanjangan STNK 5 tahunan serta pelunasan pajak kendaraan tahunan. 

Ya, kamu bayar pajak mobil tahunan untuk perpanjangan masa berlaku STNK. Bila tepat dengan waktunya perpanjangan plat nomor setelah 5 tahun, maka biasanya semua urusan administrasi kendaraan itu dilakukan bersamaan. 

Secara awam, kita sering menyebut istilah itu dengan pajak mobil 5 tahunan. Padahal, yang administrasi kendaraan 5 tahunan itu hanya untuk ganti kaleng plat nomor dan perpanjangan masa berlaku STNK, ya. 

Pajak kendaraan bermotor harus dibayar rutin setiap tahun, dan tidak ada yang namanya pajak kendaraan bermotor 5 tahunan. 

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2020

Perlu dipahami bahwa aturan tentang berapa biaya ganti plat mobil 5 tahunan diatur dalam Lampiran Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2020 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Total Biaya Ganti Plat Mobil dan Perpanjangan STNK 5 Tahunan

Jadi, berapa biaya perpanjangan STNK 5 tahunan yang sudah termasuk biaya ganti plat mobil 5 tahunan? Cek cara menghitung biaya ganti plat mobil berikut ini!

Jadi, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp350 ribu namun itu belum termasuk biaya pajak mobil ganti plat, denda, dan biaya administrasi lainnya (bila ada). 

Rate biaya pajak mobil adalah 2% dari harga jual kendaraan untuk kendaraan bermotor pertama. Tarif PKB bertambah 0,5% untuk setiap jumlah kendaraan yang kamu miliki atas nama kamu. 

Tarif SWDKLLJ juga berbeda tergantung jenis mobil. Mobil dengan kapasitas mesin sampai dengan 2.400cc dikenakan tarif SWDKLLJ sebesar Rp 143.000. 

Itulah detail biaya perpanjangan STNK dan biaya ganti plat nomor mobil yang harus kamu siapkan. Berarti kamu membayar perpanjangan STNK 5 tahunan, pajak tahunan, dan ganti kaleng plat nomor mobil juga.

Biaya Ganti Plat Mobil dan Balik Nama

Balik nama mobil adalah istilah untuk mengganti data kepemilikan kendaraan yang sah di mata hukum. Kamu harus melakukan proses balik nama kendaraan bila membeli kendaraan bekas atau mendapat kendaraan dengan nama pihak pertama. 

Fungsi balik nama kendaraan adalah untuk memastikan kendaraan sah menjadi milik kamu dengan surat-surat kelengkapan dan administrasi kendaraan atas nama kamu. 

Lalu bila kamu ingin mengurusnya sekalian, berapa biaya balik nama mobil dan ganti plat? 

Kamu harus menghitung total biaya perpanjangan STNK dan ganti plat mobil, ditambah dengan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB)

Berikut ini detail biaya-biaya yang harus dilunasi untuk balik nama, pengesahan STNK, dan TNKB baru: 

*Belum termasuk bila ada denda telat perpanjangan STNK dan ganti plat. 

Itulah detail biaya apa saja dan berapa yang harus kamu siapkan. Kamu bisa cek biaya BBN KB di sini yang berbeda di setiap wilayahnya. 

Biaya Body Repair Ditanggung 100%, Gratis Mobil Pengganti, Plus Fasilitas Towing/Derek dan ERA untuk Mobil Mogok
Biaya Body Repair Ditanggung 100%, Gratis Mobil Pengganti, Plus Fasilitas Towing/Derek dan ERA untuk Mobil Mogok

Biaya Body Repair Ditanggung 100%, Gratis Mobil Pengganti, Plus Fasilitas Towing/Derek dan ERA untuk Mobil Mogok

Denda Telat Ganti Plat Nomor Berdasarkan Peraturan 

Sudah tahu biaya perpanjang STNK dan ganti plat nomor mobil, pertanyaan selanjutnya adalah berapa denda bila telat ganti plat nomor?

Besaran denda dihitung dari berapa lama keterlambatannya. Sebagai perkiraan, berikut ini biaya denda pajak mobil saat kamu ingin ganti plat mobil: 

  • Denda telat 1 hari: PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) sebulan.
  • Denda telat 2 hari sampai 1 bulan: PKB x 25%.
  • Denda telat 60 hari: PKB x 25% x 2/12 + denda SWDKLLJ.
  • Denda telat 3 bulan: PKB x 25% x 3/12 + denda SWDKLLJ.
  • Denda telat 6 bulan: PKB x 25% x 6/12 + denda SWDKLLJ.
  • Denda telat 1 tahun: PKB x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ.
  • Denda telat 2 tahun: PKB x 2 x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ.
  • Denda telat 3 tahun: PKB x 3 x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ.
  • Denda SWDKLLJ: Rp100.000 untuk mobil roda 4.

Maka dari itu, jangan telat ganti plat mobil. Selain itu, bila kamu telat bayar pajak kendaraan maka kamu harus melunasi PKB yang sudah telat dan PKB di tahun yang sedang berjalan saat ini sekaligus, dan denda pajak mobil juga.

Dokumen dan Syarat Ganti Plat Mobil 5 Tahunan

Sudah punya gambaran tentang berapa biaya yang harus disiapkan, cek juga apa saja syarat-syarat ganti nomor plat mobil agar kamu tidak bolak-balik ke Samsat. 

Dokumen yang harus disiapkan kurang lebih sama dengan dokumen pembayaran pajak kendaraan tahunan. 

Ini daftar syarat ganti plat mobil 5 tahunan yang harus kamu siapkan:

Berikut ini beberapa info lain terkait dokumen syarat ganti plat nomor mobil:

  • KTP yang dimaksudkan dalam persyaratan dokumen ini adalah identitas orang yang sama dengan yang tercantum di STNK–sebagai pemilik kendaraan yang sah.
  • Sedangkan jika mobil tersebut adalah mobil bekas yang belum balik nama, maka kamu harus membawa KTP pemilik mobil sebelumnya. Biasanya memang sekalian untuk mengurus administrasi balik nama kendaraan. 
  • Bila mobil itu milik adik, kakak, saudara, orang tua, atau orang lain di mana kamu hanya membantu menyelesaikan administrasinya di Samsat, kamu harus bawa KTP pemilik dan/atau pakai surat kuasa
  • Bila mobil kamu masih dalam masa cicilan dan belum memegang BPKB, kamu bisa hubungi pihak leasing lebih dulu. Kamu akan diberi surat kuasa atau dokumen sah terkait untuk meminjam BPKB, atau dengan fotokopi BPKB dengan keterangan leasing

Berdasarkan pengalaman, di sekitar Samsat selalu ada jasa fotokopi yang biasa membantu orang-orang yang akan mengurus administrasi kendaraan. Mereka sudah tahu dokumen apa saja yang dibutuhkan dan biasanya juga akan mengingatkan kamu bila ada dokumen yang kurang. 

Mereka juga akan membantu merapikan semua dokumen dalam map agar tidak tercecer, sehingga memudahkan kamu dan pihak Samsat dalam pengecekan dokumen nantinya. 

Cara Ganti Plat Mobil 5 Tahunan di Samsat Terdekat 

Proses penggantian plat mobil ini pun juga cukup mudah dan sederhana. Kamu bisa mengurusnya sendiri tanpa bantuan calo Samsat. 

Setelah semua persyaratan sudah lengkap, ikuti cara bayar pajak mobil dan ganti plat nomor berikut ini:

1. Pergi ke Samsat Terdekat

  • Pergi ke Samsat terdekat sesuai domisili tempat tinggal dan/atau Samsat domisili kendaraan. 
  • Beri tahu petugas bahwa kamu ingin perpanjang STNK dan ganti plat. Petugas akan memberi arahan. 
  • Cari loket cek fisik yang tersedia di sana (biasanya ada di dekat area parkiran). 
  • Serahkan semua syarat ganti plat nomor mobil kepada petugas.
  • Kamu akan mendapatkan formulir untuk cek fisik kendaraan. Formulir ini dilengkapi dengan kertas gesek yang dapat digunakan untuk memeriksa angka pada mesin kendaraan bersama petugas. Proses gesek nomor rangka mesin mobil akan dilakukan oleh petugas.

2. Cek Fisik Mobil oleh Petugas

Setelah melengkapi formulir, petugas akan melakukan pemeriksaan fisik mobil, untuk menemukan nomor rangka dan nomor mesin pada kendaraan yang diajukan. 

Prosesnya mungkin sekitar 10-15 menit. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan bukti kertas gesek nomor rangka dan mesin yang telah diisi.

3. Kembali ke Loket Pendaftaran

Kertas gesek nomor mesin dan rangka yang sebelumnya telah diisi oleh petugas, harus kamu kembalikan lagi ke loket pendaftaran untuk diperiksa dan diverifikasi kembali.

Setelahnya, kamu akan mendapat nomor antrean lagi untuk dicocokkan antara hasil pemeriksaan fisik dengan dokumen kendaraan kamu.

4. Cara Bayar Pajak Mobil dan Ganti Plat Nomor

Jika semua persyaratan dokumen dan hasil pemeriksaan telah dipenuhi dan cocok, maka kamu perlu menunggu sebentar untuk dipanggil ke kasir dan melunasi pembayaran.

Kamu bisa tanyakan detail pembayaran apa saja dan nominalnya di kasir. Saat ini, pembayaran hanya bisa dilakukan secara tunai jadi sebaiknya kamu siapkan uang tunai. 

Tidak menutup kemungkinan nantinya pembayaran biaya ganti plat mobil bisa dilakukan secara cashless atau digital

Antrean di kasir mungkin panjang dan lama karena ada banyak orang yang juga mengurus administrasi kendaraannya seperti kamu. 

Setelah giliran kamu dan melunasi pembayaran, kamu akan diberi kuitansi atau bukti pembayaran. Jangan sampai hilang, ya!

5. Pengambilan STNK dan Plat Mobil Baru

Setelah melakukan pembayaran, semua proses ganti plat nomor ini telah selesai di mana petugas akan kembali memanggil namamu untuk memberikan plat mobil dan STNK yang baru, serta BPKB dan kelengkapan dokumen yang tadi diberikan.

Setelah semua proses sudah selesai, silakan cek lagi STNK dan plat nomor mobil yang baru. Setelahnya, kamu bisa pulang dan jangan lupa pasang plat nomor mobil yang baru, dengan dudukan plat nomor agar lebih rapi, aman, dan keren, ya! 

Proses perpanjangan STNK dan ganti plat nomor baru sebenarnya mudah. Hanya mungkin ada antrean panjang di waktu-waktu tertentu. 

Jangan segan untuk bertanya pada petugas bila kamu bingung prosedurnya. Di dalam ruangan Samsat juga tertera petunjuk loket dan prosedur untuk setiap kebutuhan administrasi kendaraan. 

Cara Ganti Plat Mobil Bila STNK Mati

STNK akan mati masa berlakunya bila kamu tidak melakukan perpanjangan 5 tahunan. Artinya, kamu juga mungkin telat bayar pajak kendaraan. 

Berdasarkan UU No. 22 tahun 2009, itu adalah pelanggaran administrasi kendaraan yang dapat dikenakan sanksi berupa penjara maksimal 2 bulan atau denda uang tunai sebesar Rp500.000. 

Biaya ganti plat nomor mobil 5 tahun tentunya akan lebih mahal bila STNK mati dan telat bayar pajak. 

Cara Ganti Plat Nomor dan Perpanjangan STNK di Luar Daerah

Bila kendaraan kamu sedang berada di luar wilayah atau di luar kota, gimana cara ganti plat nomor mobil? Apakah bisa ganti plat dan bayar pajak mobil di Samsat lain? 

Dalam proses ganti plat nomor membutuhkan cek fisik yang sebenarnya bisa dilakukan di Samsat mana saja. Tidak perlu di Samsat tempat dokumen kendaraan kamu diterbitkan. 

Hal yang penting kamu melengkapi semua syarat ganti plat nomor, yaitu BPKB, STNK, dan KTP. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membawa kendaraan kamu ke lokasi Samsat asal. 

Biaya ganti plat mobil luar kota juga sama saja, yaitu sekitar Rp100 ribuan untuk mobil dan Rp60 ribuan untuk motor. Mungkin ada biaya administrasi lain yang harus dilunasi. 

Bagaimana Cara Ganti Plat Nomor Mobil Online?

Bisakah ganti plat nomor kendaraan secara online? Sayangnya, cara penggantian plat nomor kendaraan harus dilakukan secara langsung di Samsat terdekat. 

Ini karena kendaraan harus melalui tahap cek fisik kendaraan yang dilakukan petugas secara langsung. Kamu juga harus menukar plat yang lama dengan plat baru secara langsung. 

Kamu hanya bisa bayar pajak online melalui website dan Aplikasi Samsat Online, Aplikasi SIGNAL, dan platform Samsat online lain yang dikelola oleh Samsat daerah atau provinsi tempat tinggal kamu.

Berikut ini cara bayar pajak mobil online lewat situs E-Samsat:

  • Buka situs E-Samsat sesuai wilayah kendaraan kamu. 
  • Isi data kendaraan yang sesuai dengan STNK dengan benar. 
  • Ketik ulang kode captcha
  • Klik ‘Cari’.
  • Bila mau perpanjangan STNK, isi formulir sesuai kota tempat pengambilan nota pajak. 
  • Pilih Samsat terdekat. 
  • Pilih layanan pembayaran. 
  • Klik ‘Pengajuan Kode Bayar’.
  • Lakukan pembayaran dengan kode bayar tersebut di layanan pembayaran yang kamu pilih. 
  • Simpan bukti pembayaran. 

Selanjutnya, kamu bisa lanjutkan datang ke Samsat terdekat untuk mencetak STNK yang sudah diperbarui dan juga plat mobil baru. 

Setidaknya, kamu sudah bayar pajak kendaraan online jadi menghemat waktu karena tidak perlu antre lagi untuk bayar pajak. Langsung melanjutkan ke proses ganti plat mobil dengan syarat yang sudah lengkap.

Berapa Lama Proses Ganti Plat Mobil 

Dari tahap awal hingga akhir, proses penggantian plat nomor atau TNKB membutuhkan waktu 1-2 jam. 

Namun, itu tergantung dengan panjangnya antrean di Samsat tersebut. Bisa jadi lebih cepat, bisa jadi lebih lama juga. 

Apakah proses penggantian plat nomor akan jadi lebih cepat dengan bantuan calo? Sebenarnya tidak juga. 

Calo hanya membantu kamu agar kamu tidak antre dan terima beres, tapi proses dan lamanya antrean tetap sama.

Bahkan mungkin lebih lama, karena kamu harus janjian dengan calo di hari sebelumnya. Calo juga baru akan mengantarkan plat nomor dan kelengkapan dokumen lainnya di esok harinya. 

Kapan Harus Ganti Plat Nomor Mobil?

Para pemilik kendaraan bermotor baik mobil dan motor roda dua wajib mengganti plat nomor setiap 5 tahun sekali. Itu juga termasuk wajib mengganti atau memperpanjang masa berlaku STNK setiap 5 tahun sekali. 

Kamu bisa mengetahuinya dari info di plat mobil kamu sendiri. Di bagian bawah plat nomor ada angka yang menunjukan masa berlaku plat nomor dan STNK. 

Sebaiknya, segera ganti plat nomor mobil sebelum waktu kedaluwarsa plat nomor. Bila telat, bisa-bisa kamu ditilang polisi di jalan dan kena denda atau sanksi. 

5 tahun berikutnya, kamu harus ganti plat nomor mobil lagi dan perpanjang STNK 5 tahunan sebelum tanggal jatuh tempo. 

Berapa Biaya Ganti Plat Mobil dengan Calo? 

Ketentuan biaya ganti plat mobil 5 tahunan sesuai dengan rumus di atas. Namun bila pakai calo, ada tambahan ongkos Rp200-Rp500 ribuan (atau lebih sesuai dengan permintaan calo).

Selain biaya dengan jasa calo atau biro jasa jadi lebih mahal, keamanannya juga harus dipertanyakan. Apakah aman menyerahkan semua dokumen penting kendaraan kepada orang asing?

Usahakan untuk datang ke Samsat sendiri langsung. Prosesnya juga tidak terlalu ribet. 

Bila tidak sempat, silakan minta bantuan anggota keluarga atau orang yang kamu percaya. 

Sejauh ini tidak membutuhkan surat kuasa bila yang mengurus surat-surat dan dokumen kendaraan bukan pemilik kendaraan tersebut. Yang penting syarat ganti plat nomornya lengkap. 

Biaya Ganti Plat Nomor Cantik Mobil

Plat nomor cantik adalah pelat nomor dengan susunan angka atau huruf yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik kendaraan. 

Misalnya, pemilik ingin memiliki mobil dengan pelat nomor yang sesuai dengan inisial dan tanggal lahirnya. Mereka mungkin punya tujuan berbeda kenapa mau request plat nomor sendiri. 

Berdasarkan Peraturan Polisi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, pemilik kendaraan boleh meminta plat nomor cantik. Ini akan ditentukan sebagai penerimaan negara bukan pajak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Biaya ganti plat nomor (TNKB) biasa hanya Rp100 ribuan saja, namun biaya ganti plat nomor cantik mulai dari Rp5 juta hingga lebih dari Rp20 jutaan. 

Cek rincian harga plat nomor cantik berikut ini:

Biaya Request Plat Nomor Mobil 1 Angka

  • Nomor Registrasi kendaraan Bermotor (NRKB) untuk 1 angka dan tidak harga huruf di belakang angka: Rp20.000.000 per penerbitan. 
  • NRKB 1 angka dengan ada huruf: Rp15.000.000 per penerbitan.

Biaya Request Plat Nomor Mobil 2 Angka

  • NRKB 2 angka dan tidak ada huruf di belakang angka: Biaya ganti plat nomor cantik mobil Rp15.000.000 per penerbitan. 
  • NRKB 2 angka dan ada huruf di belakang angka: Rp10.000.000 per penerbitan.

Biaya Request Plat Nomor Mobil 3 Angka

  • NRKB 3 angka dan tidak ada huruf di belakang angka: Rp10.000.000 per penerbitan. 
  • NRKB 3 angka dan ada huruf di belakang angka: Rp7.500.000 per penerbitan.

Biaya Request Plat Nomor Mobil 4 Angka

  • NRKB 4 angka dan tidak ada huruf di belakang angka: Rp7.500.000 per penerbitan. 
  • NRKB 4 angka dan ada huruf di belakang angka: Rp5.000.000 per penerbitan.

Biayanya memang lebih mahal karena kamu mengganti plat dengan nomor/huruf sesuai permintaan kamu. Plus, mengaktifkan masa berlakunya. Ini juga terkait dengan perubahan identitas di STNK dan BPKB. 

Plat nomor cantik itu berlaku dalam 5 tahun. Setelahnya, kamu harus memperpanjang STNK dan masa berlaku plat nomor kendaran. Bila tidak, plat nomor tidak bisa dipakai lagi alis hangus. 

Cara Cek Biaya Ganti Plat Mobil

Informasi biaya administrasi kendaraan bisa kamu cek melalui STNK, website, dan Aplikasi Samsat online

Melalui Website Samsat Online

Setiap wilayah punya laman resmi Samsat online daerahnya sendiri, sehingga memudahkan warga sekitar untuk cek pajak, biaya ganti plat mobil 5 tahunan, dan administrasi kendaraan lainnya. 

Cara cek biaya ganti plat mobil online melalui daftar situs Samsat per provinsi: 

Catatan: Beberapa situs Samsat provinsi tidak dicantumkan karena situs belum dapat diakses. 

Cara Cek Pajak Mobil Online

  • Kunjungi situs pajak online tersebut. 
  • Masukkan nomor identitas KTP (NIK) dan nomor polisi kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya
  • Klik tombol atau kolom “Proses”
  • Detail seputar PNBP dengan rincian: PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, PNBP STNK, PNBP TNKB dan total biaya dengan tenggat pembayaran. 

Kamu juga bisa cek pajak online melalui Aplikasi SIGNAL Samsat

Melalui STNK

Sebenarnya, kamu bisa cek biaya ganti plat nomor mobil melalui STNK. Lihat pada lembar Surat Keterangan Pajak Daerah PKB/BBN-KB dan SWDKLLJ. 

Di sana ada info dalam tabel, yaitu:

  • Biaya PKB
  • Biaya SWDKLLJ
  • Biaya STNK
  • Biaya TNKB 
  • Jumlah total 

Sejauh ini belum ada perubahan ketetapan biaya ganti plat mobil 2022, di mana setiap tahun sama. Kecuali bila kamu ada penambahan biaya pajak, pajak progresif, atau denda telat pajak. 

Akibat Tidak Ganti Plat Nomor yang Sudah Habis Masa Berlakunya

Penggunaan pelat nomor juga diatur dalam Undang-Undang, loh. Yaitu Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). 

Pelat nomor kendaraan wajib memuat kode wilayah, nomor registrasi dan masa berlaku, serta harus memenuhi syarat spesifikasi yang sudah diatur, berdasarkan Pasal 68. 

Bahkan, pemasangan pelat nomor kendaraan juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012.

Bila penggunaan pelat nomor tidak sesuai dengan peraturan, termasuk tidak ganti pelat nomor kendaraan setelah masa berlakunya habis, maka pengendara akan ditilang dan diberi sanksi.

Kendaraan dengan pelat bodong bisa dicurigai sebagai hasil tindak kejahatan. Juga tidak memiliki izin operasional untuk dikendarakan. 

Sanki dari pelanggar pelat nomor kendaraan juga diatur dalam UU LLAJ Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 280. Menyatakan bahwa kendaraan yang tidak dilengkapi pelat nomor akan dipidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500.000.

Nah, jadi jangan sampai telat apalagi lupa mengganti plat nomor kendaraan kamu. Kamu juga sudah tahu berapa biaya ganti plat mobil 5 tahunan sehingga bisa dipersiapkan dari jauh-jauh hari. 

Sekilas tentang Plat Nomor Kendaraan dan Fungsinya

Plat Nomor Mobil

Plat Nomor Mobil

Plat nomor kendaraan adalah salah satu bagian penting dari kelengkapan kendaraan dan juga administrasi kendaraan. 

Plat nomor kendaraan berisi nomor dan huruf dengan arti khusus, salah satunya untuk mengidentifikasi asal kendaraan dan kepemilikan yang sah.

Kode dalam plat nomor juga berbeda-beda. Umunya, kode plat kendaraan di berbagai wilayah di Indonesia terdiri dari 7 karakter yang berisi:

  • Kode area.
  • Masa berlaku kendaraan.
  • Nomor registrasi. 

Namun, khusus untuk kendaraan domisili area Jabodetabek terdiri dari 8 karakter yang merupakan:

  • 1 huruf pertama untuk kode area.
  • Angka untuk kode registrasi.
  • 3 huruf di belakang.

Fungsi Plat Nomor Kendaraan

Kode plat nomor kendaraan ini sangat penting karena juga berperan dalam kegiatan pengaturan kendaraan. Plat nomor kendaraan bukan sekadar kaleng amulunium dengan kombinasi angka dan huruf. [/accordion]

Yuk, pahami apa fungsi plat nomor kendaraan berikut ini:

Plat nomor menyimpan informasi kendaraan yang membedakannya dengan kendaraan lain. Plat nomor tidak ada yang sama. 

Bayangkan ada berapa ribu orang yang punya mobil Toyota Agya Tipe E M/T warna hitam, pasti akan sulit dibedakan bila tidak ada plat nomornya. 

Plat nomor juga berisi identitas kendaraan, yaitu:

  • Huruf awal plat nomor adalah kode wilayah. 
  • Deretan empat angka adalah nomor polisi yang didapatkan setelah registrasi di Samsat.
  • Dua atau tiga kode huruf di akhir adalah kode kota.

Berikut ini cara membaca plat nomor polisi:

  • Plat nomor Jawa Tengah dan Yogyakarta: G, H, K, R, AA, AD, AB.
  • Plat nomor Jawa Barat: D, E, F, T, Z
  • Plat nomor Banten: A
  • Plat nomor DKI Jakarta (Tangerang, Bekasi, Depok): B
  • Plat nomor Jawa Timur: L, M, N, P, S, W, AE, AG
  • Plat nomor Bali dan Nusa Tenggara: DK, DR, EA, DH, EB, ED
  • Plat nomor Kalimantan: KB, DA, KH, KT, KU
  • Plat nomor Sulawesi: DB, DL, DM, DN, DT, DD, DC
  • Plat nomor Papua: PA, PB
  • Plat nomor Maluku: DE, DG
  • Plat nomor Sumatera: BL, BB, BK, BA, BM, BH, BD, BP, BG, BN, BE

Kode abjad pertama setelah angka di plat nomor mobil:

  • B – wilayah Jakarta Barat
  • C – wilayah Kota Tangerang
  • E – wilayah Depok
  • F – wilayah Kabupaten Bekasi
  • G – wilayah Kabupaten Tangerang SAMSAT Tigaraksa
  • K – wilayah Kota Bekasi
  • N – wilayah Kabupaten Tangerang SAMSAT BSD
  • P – wilayah Jakarta Pusat 
  • S – wilayah Jakarta Selatan
  • T – wilayah Jakarta Timur
  • U – wilayah Jakarta Utara
  • V – wilayah Kota Tangerang SAMSAT Ciledug
  • W – wilayah Kota Tangerang Selatan
  • Z – wilayah Kota Depok

Kode abjad kedua setelah angka di plat nomor mobil

  • A – plat nomor berjenis Sedan/Pick Up
  • D – plat nomor berjenis Truk
  • F – plat nomor berjenis Minibus, Hatchback, City Car
  • J – plat nomor berjenis Jip dan SUV
  • Q – plat nomor staf pemerintahan
  • T – plat nomor berjenis Taksi
  • U – plat nomor staf pemerintahan
  • V – plat nomor berjenis Minibus

Melalui plat nomor, kita bisa tahu kepemilikan kendaraan itu berasal dari wilayah mana.

Bagaimana pun, ada risiko yang mengancam keselamatan dan keamanan di mobil. Misalnya, kecelakaan atau tindak kejahatan yang melibatkan kendaraan. Cara melacak mobil dengan plat nomor polisi juga mudah. 

Informasi pada plat nomor dapat membantu mengungkap kejadian tersebut karena pihak yang berwenang dapat melacaknya dan mendapat info kepemilikan kendaraan.

Spesifikasi Plat Nomor Kendaraan

Plat nomor dibuat dari material aluminium. Namun, bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara memasangnya ada aturannya juga. Tidak boleh sembarangan dalam memodifikasi atau membuat plat nomor palsu.

Berikut ini spesifikasi yang harus diikuti untuk semua jenis kendaraan di Indonesia:

  • Tanda nomor kendaraan bermotor berupa plat aluminium menggunakan cetakan yang terdiri dari 2 garis.
  • Baris pertama terdiri dari kode area yang diawali dengan huruf, diikuti dengan nomor polisi yang dibentuk dengan angka, dan diakhiri dengan deret terakhir area yang menggunakan huruf.
  • Baris ke-2 terdiri dari masa berlaku plat. Misal 09.22 adalah tanda plat hanya berlaku sampai September 2022. 

Jenis Plat Nomor Kendaraan

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Pasal 39 ayat 3, menjelaskan tentang jenis plat nomor kendaraan:

Plat nomor untuk kendaraan bermotor perseorangan dan sewa baik untuk mobil dan motor. Ini adalah jenis plat nomor untuk kendaraan masyarakat umum.

Jenis plat nomor untuk kendaraan bermotor umum. Kebanyakan motor dan mobil yang kita temui di jalan memiliki plat nomor warna hitam.

Jenis plat nomor untuk kendaraan bermotor dinas milik Pemerintah. Biasanya disebut dengan kendaraan dinas.

Plat nomor untuk kendaraan bermotor Korps Diplomatik Negara Asing.

Plat nomor untuk kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas atau (Free Trade Zone), yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk. Kendaraan dengan plat ini tidak bisa dimutasikan ke wilayah Indonesia lainnya, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan. 

Biaya ganti nomor plat mobil yang kita bahas di atas adalah untuk jenis plat nomor pada poin pertama, yaitu kendaraan bermotor perseorangan.

Pentingnya Asuransi Mobil 

Selain mengetahui syarat, prosedur dan biaya ganti plat mobil, hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah memberikan perlindungan tambahan dari hal-hal yang tidak diinginkan dengan asuransi mobil.

Asuransi mobil adalah produk yang memberikan pertanggungan atas kerugian/kerusakan mobil akibat risiko-risiko yang dijaminkan dalam polis, seperti tabrakan, kecelakaan, kebakaran, tindak kejahatan, pencurian, dan lainnya. 

Asuransi kendaraan akan mencegah kamu dari pengeluaran finansial yang tidak terduga untuk memperbaiki mobil, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang tabungan atau dana darurat sendiri.  

Kamu bisa pilih jenis asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko kamu, yaitu All Risk (semua risiko) atau TLO (Total Loss Only atau kerusakan total dan kehilangan). 

Kamu bisa pelajari dulu polis dan premi asuransi mobil melalui DuitPintar. Cek dan bandingkan premi untuk mendapat pilihan asuransi mobil terbaik di sini! 

Tanggung Biaya Perbaikan dari Lecet hingga Rusak Parah Akibat Terserempet sampai Tabrakan!
Tanggung Biaya Perbaikan dari Lecet hingga Rusak Parah Akibat Terserempet sampai Tabrakan!

Tanggung Biaya Perbaikan dari Lecet hingga Rusak Parah Akibat Terserempet sampai Tabrakan!

Keuntungan Beli Asuransi di Duitpintar

4000+ Bengkel Rekanan

Bengkel rekanan terluas di Indonesia

Harga Terbaik

Jaminan premi termurah untuk mobil Anda

Bantuan Klaim Online

Jaminan manfaat asuransi sesuai polis

Konsultasi Gratis

Konsultasi agen untuk bantu memilih polis yang tepat

FAQ: Orang Juga Bertanya 

Dimana Bisa Ganti Plat Nomor Mobil?

Proses ganti plat mobil di kantor Samsat sesuai dengan domisili kendaraan atau Samsat terdekat. Ya, harus dilakukan secara langsung karena ada proses cek fisik atau gesek nomor rangka mobil oleh petugas. Kamu juga harus menukarkan plat lama dengan plat nomor yang baru. 

Sementara untuk bayar pajak kendaraan bisa dilakukan secara online melalui e-Samsat dan menyelesaikan pembayaran via transfer bank, minimarket, e-commerce.

Berapa Biaya Ganti Plat Mobil 5 Tahunan?

Pada proses perpanjangan STNK 5 tahunan, kendaraanmu juga otomatis harus ganti nomor platnya. Rincian biaya ganti plat mobil: TNKB Rp100 ribu, perpanjangan STNK Rp200 ribu, pengesahan STNK Rp50 ribu. Wajib pajak juga bisa sekalian melunasi biaya PKB (mulai dari 2% dari nilai jual kendaraan), SWDKLLJ Rp143ribu, serta denda dan biaya administrasi (bila ada).

Berapa Biaya Ganti Plat Mobil?

Biaya ganti plat mobil adalah Rp100.000 berdasarkan peraturan pemerintah nomor. Namun, itu belum termasuk biaya PKB (mulai dari 2% dari nilai jual kendaraan), perpanjangan STNK Rp200 ribu, pengesahan STNK Rp50 ribu, SWDKLLJ Rp143ribu, cek fisik gratis, serta denda dan biaya administrasi (bila ada).

Berapa Biaya Ganti STNK dan Plat Mobil?

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2020 berkenaan dengan Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), biaya ganti plat nomor mobil yang harus dibayarkan adalah Rp100 Ribu.

Sedangkan biaya untuk penerbitan STNK mobil dapat dikenakan sebanyak Rp200 ribu serta biaya pengesahan STNK sebanyak Rp50 Ribu. Kamu juga harus melunasi biaya SWDKLLJ Rp143ribu, cek fisik gratis, dan PKB (mulai dari 2% dari nilai jual kendaraan).

Berapa Biaya Balik Nama dan Ganti Plat Mobil?

Berikut adalah rincian biaya balik nama mobil, antara lain:

  • Biaya pendaftaran berdasarkan kebijakan Samsat sekitar Rp75-100 ribu.
  • Bea Balik Nama Kendaraan (BBN KB): 1% dari harga mobil.
  • Biaya penerbitan STNK Rp200 ribu. 
  • Biaya penerbitan TNKB Rp100 ribu. 
  • PKB: mulai dari 2% dari nilai jual kendaraan.
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ): Rp143 Ribu.
  • Biaya cek fisik gratis. 
  • Denda dan biaya administrasi (bila ada).

Ganti Plat Mobil Apa Harus Bawa Mobil?

Ya, kamu harus bawa mobil tersebut ke Samsat terdekat karena harus ada pengecekan fisik kendaraan untuk cek nomor rangka kendaraan. Prosesnya selama 20-30 menit.

Apakah Ganti Plat Motor Bisa Online?

Ganti plat nomor tidak bisa online karena harus cek fisik kendaraan. Tapi, kamu bisa bayar pajak online agar lebih praktis melalui Aplikasi SIGNAL, Samsat Online, atau minimarket dan e-commerce yang bekerja sama dengan Samsat.

Ganti Plat Mobil Habis Berapa?

Siapkan dana sekitar 543 ribu untuk pengesahan/penerbitan STNK dan TNKB baru. Kamu juga harus siapkan dana untuk bayar pajak mobil tahunan.

Apakah Perpanjang STNK 5 Tahunan Bisa di Samsat Mana Saja?

Ya, kamu bisa perpanjang STNK plus ganti plat nomor 5 tahunan di Samsat mana saja. Tidak harus di Samsat tempat surat-surat kendaraan diterbitkan. Yang penting kamu bawa dokumen lengkap yaitu KTP, STNK, dan BPKB asli.

Berapa Lama Pajak Ganti Plat Mobil?

Proses ganti plat mobil di Samsat butuh waktu sekitar 1-2 jam, namun tergantung pada antreannya.

Berapa Biaya Cek Fisik Mobil?

Berdasarkan PP No 76 Th 2020, cek fisik kendaraan pada perpanjangan STNK masa lima tahunan tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Apakah Ganti Plat Harus Ganti BPKB?

BPKB asli dan fotokopi adalah salah satu syarat untuk perpanjangan STNK 5 tahunan dan ganti plat. Petugas akan memperbarui data di BPKB kamu, namun tidak perlu ganti baru.

Apa Syarat Ganti Plat?

Dokumen ganti plat nomor kendaraan: KTP asli dan fotokopi pemilik mobil, STNK asli dan fotokopi, dan BPKB asli dan fotokopi.

Berapa Lama BPKB Keluar Setelah Ganti Plat?

Setelah semua proses selesai, tunggu hingga petugas memanggil nama kamu untuk menyerahkan plat nomor baru, STNK baru, dan BPKB yang datanya sudah diperbarui juga. 

Apakah Ganti Plat Juga Ganti Nomor?

Ganti plat nomor adalah memperbarui masa berlaku plat nomor, bukan mengganti nomornya. Kamu akan dikenakan biaya tambahan bila ingin mengganti nomor plat dengan nomor cantik atau sesuai permintaan kamu.

Ganti Plat Ngurus Dimana?

Datang ke Samsat terdekat untuk mengurus masa perpanjangan STNK dan ganti plat kendaraan 5 tahunan. Bawa KTP asli dan fotokopi pemilik mobil, STNK asli dan fotokopi, dan BPKB asli dan fotokopi.

Apakah Biaya Balik Nama Gratis?

Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) adalah 1 persen dari harga beli mobil. Biaya BBN KB bisa gratis bila ada program pemutihan pajak kendaraan dari pemerintah setempat.

Berapa Tahun Sekali Ganti Plat Nomor Mobil?

Pemilik kendaraan wajib ganti plat nomor mobil dan perpanjangan STNK setiap 5 tahun sekali. Tanggal jatuh tempo tertera pada plat nomor bagian bawah atau bisa di cek di STNK juga.

Pajak Mati 5 Tahun Denda Berapa?

Denda telat 3 tahun: PKB x 5 x 25% x 12/12 + denda SWDKLLJ. Silakan hitung dengan rumus tersebut.

Berapa Tahun Pajak Mobil Diblokir?

STNK kamu akan diblokir setelah masa berlakunya selama 5 tahun sudah habis tapi tidak diperpanjang juga dalam 2 tahun berturut-turut atau bila tidak bayar pajak kendaraan selama 7 tahun berturut-turut. Peraturan ini berlaku per 2023.

Berapa Masa Berlaku Plat Mobil?

Masa berlaku plat mobil adalah 5 tahun terhitung dari penerbitan STNK pertama kali. Kamu bisa cek masa berlakunya di plat nomor itu sendiri, di bagian bawah dalam format bulan dan tahun. Kamu juga bisa cek masa berlaku STNK dan jatuh tempo pajak di STNK.

Berita Terkait Biaya Ganti Plat Mobil: