Dapat Bekas Tanpa Cacat dan Rugi, Berikut Tips dan Trik Membeli Mobil Atau Motor Bekas – Mobil bekas mungkin menjadi alternatif bagi Anda yang ingin segera memiliki mobil namun dengan dana yang tidak terlalu besar. Mengingat harga mobil yang masih baru akan merogoh dana yang begitu besar

Diperlukan tips dan trik membeli mobil atau motor bekas agar tidak mendapatkan kendaraan bekas yang tidak baik. Untuk mendapatkan mobil bekas, Anda dapat mencarinya di dealer ataupun kepada penjual perorangan. Yang membedakan keduanya adalah jika dealer memiliki harga yang berbeda dan sedikit tinggi dalam porsinya dengan motivasi menjual mobil atau motor bekas murni karena mencari keuntungan, sedangkan jika perorangan akan menawarkan harga lebih terjangkau.

Alasannya karena biasanya mereka ingin mendapatkan dana tambahan untuk membeli mobil baru ataupun untuk kebutuhan mendesak. Harga yang dibanderol untuk mobil atau motor bekas tentunya akan disesuaikan dengan kondisi kendaraan, jenis mobil dan berbagai bagian kendaraan yang menjadi penentu dari harga

Adapun untuk mendapatkan kendaraan yang baik meskipun bekas, berikut adalah tips dan trik membeli mobil atau motor bekas yang dapat Anda coba.

Tips dan trik membeli mobil atau motor bekas

 

Menentukan Pilihan

Untuk menentukan jenis mobil atau motor yang hendak Anda beli, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalkan jika digunakan untuk bekerja, maka Anda perlu memilih kendaraan yang nyaman dan irit bahan bakar tentunya. Jika untuk bepergian bersama keluarga, maka Anda perlu kendaraan mobil dengan ukuran yang besar dan luas namun tetap nyaman.

Sedangkan untuk fitur lainnya seperti AC, airbag dan lainnya, Anda dapat menyesuaikan harga pasaran dari mobil yang Anda inginkan. Namun tetap harus melakukan penawaran harga mengingat ini adalah mobil atau motor bekas.

Memeriksa Kondisi Eksterior dan Interior Kendaraan

Tipsberikutnya selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan yang hendak dibeli. Bahkan jika diperlukan, Anda dapat membawa kolega yang faham dengan mesin kendaraan.

Anda pun perlu cermat dalam memilih dan memilah kendaraan sebelum membelinya. Termasuk pada bagaimana perlakuan dan perawatan terhadap mobil tersebut kedepannya. Pastikan kondisi mesin dan bagian body memiliki kondisi yang baik sehingga tidak akan ada perbaikan apapun setelahnya.

Periksa Kondisi Mesin

Knalpot yang bersih tidak serta membuat Anda bisa mengabaikan perihal kondisi mesin. Anda tetap perlu memeriksa apakah kondisi mesin baik secara visual ataupun suara. Cermati apakah terdapat noda oli pada blok mesin, apabila terdapat kebocoran maka akan membutuhkan perbaikan yang besar nantinya. Jangan lupa untuk memeriksa bagian rem dan reservoir untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran mesin.

Anda pun dapat mendengarkan mesin sebagai tips dan trik membeli mobil atau motor bekas yang baik. Hidupkan mesin selama 3 hingga 5 menit dan coba dengarkan, kemudian ulangi cara tersebut lalu buka kap mobil. Pastikan suara mesin masih halus dan juga konstan ketika mesin dihidupkan tanpa harus membleyer gas.

Jika pada pengamatan pertama terdapat hal yang janggal, lebih baik urungkan niat untuk membelinya.

Test Drive Mobil Bekas

Tips berikutnya selanjutnya adalah lakukan test drive pada kendaraan yang hendak dibeli. Karena biasanya untuk kendaraan bekas, pihak penjual ataupun dealer enggan melakukan test drive.

Mintalah izin serta ajak pemilik mobil tersebut agar mereka percaya dan Anda pun dapat melakukan test drive. Cobalah untuk mengendarai dengan berbagai manuver, serta coba sesekali pada kecepatan tinggi. Kemudian lepaskan stir pada kecepatan rendah untuk mengecek apakah mobil tetap berjalan lurus atau tidak.

Jika melalui test drive sudah meyakinkan tanpa cacat, Anda perlu pula memastikan kondisi pajak kendaraannya. Tidak sedikit kendaraan yang sehat dan dijual dengan harga relatif murah. Namun ternyata terdapat tunggakan pajak dalam waktu beberapa tahun.

Jika menghadapi hal ini, Anda perlu menawarkan harga sesuai dengan jumlah pajak yang tertunggak. Apabila pihak penjual enggan menjauk dengan penawaran harga, maka Anda dapat meminta kepada penjual untuk melunasi pajak terlebih dahulu. Agar Anda pun tidak akan terbebani tunggakan pajak hingga balik nama saat kendaraan sudah ditangan Anda.

Itulah beberapa tips dan trik membeli mobil atau motor bekas yang dapat Anda lakukan agar mendapatkan kendaraan yang tetap baik dan sesuai.

Dapat Bekas Tanpa Cacat dan Rugi, Berikut Tips dan Trik Membeli Mobil Atau Motor Bekas