Tips Harga Jual Mobil Tetap Tinggi dan Tidak Rugi – Memiliki kendaraan yang terus-menerus digunakan dalam kurun waktu yang cukup panjang, bisa saja menimbulkan kebosanan. Atau dengan berbagai alasan lainnya, bisa saja pemilik kendaraan berniat untuk menjual kendaraannya. Namun ternyata, untuk menjual kendaraan, cenderung gampang-gampang susah. Banyak hal yang diperhatikan, salah satunya adalah tahun kendaraan itu sendiri.

Begitu juga, bila saat ini Anda ingin menjual kendaraan, khususnya kendaraan roda empat atau mobil yang dimiliki. Tentunya sangat tidak mengharapkan bila mobil Anda dijual dengan harga murah dan terhitung jatuh dari harga pertama kali Anda beli. Dan untuk menghindari hal-hal tersebut, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips di bawah ini :

Jenis Transmisi Kendaraan
Saat ini banyak sekali jenis transmisi kendaraan yang ditawarkan di pasaran, seperti CVT atau Continuous Variable Transmision. Kemudian HAT atau Hydraulic Automatic Transmission, DCT atau Dual-Clutch Transmisison juga Automated Manual Transmission atau biasa disingkat AMT. Jenis-jenis transmisi ini biasanya menjadi pertimbangan calon pembeli mobil bekas atau second.

​Tips harga jual mobil tetap tinggi, sebaiknya Anda perhatikan betul ketika pertama kali memutuskan untuk membeli kendaraan. Di negara ini, jenis transmisi yang paling standar dan banyak digunakan adalah jenis HAT. Namun Anda juga bisa memilih mobil dengan jenis transmisi CVT karena diketahui jenis transmisi yang satu ini cukup efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Kondisi mesin
Tips harga jual mobil tetap tinggi yang pertama adalah kondisi mesin. Kondisi mesin yang baik tentunya menjadi pertimbangan dan akan menjadi alasan yang sangat kuat, ketika seseorang hendak membeli kendaraan. Harga jual kendaraan akan otomatis merosot ketika diketahui mesin dalam keadaan buruk. Karena itu, usahakan untuk melakukan perawatan mesin secara rutin, baik di rumah maupun di bengkel resmi.

Untuk perawatan rutin yang bisa dilakukan di rumah juga cukup banyak, seperti misalnya perawatan aki mobil, mengganti air radiator, cek oli hingga memperhatikan kabel dan lampu-lampu mobil dan masih banyak lagi. Sementara perawatan yang harus dilakukan di bengkel adalah tune up mesin mobil secara berkala.

Tips Harga Jual Mobil Tetap Tinggi

Kondisi fisik
Setelah kondisi mesin, calon pembeli mobil selanjutnya akan melihat lebih detail pada kondisi fisik atau body dari mobil yang akan Anda jual. Tips harga jual mobil tetap tinggi pastikan mobil Anda memiliki fisik yang masih bagus, tidak terdapat baret, penyok atau kerusakan berarti lainnya. Upayakan pula agar cat mobil Anda tidak terlihat kusam dan terkelupas.

Begitu juga dengan bagian interior mobil yang kerap diperhatikan. Bersihkan bagian adalam mobil secara rutin, jangan biarkan jok mobil kotor dan rusak, cuci karpet mobil serta bersihkan mobil dari debu secepat mungkin. Dan untuk fisik kendaraan, sebaiknya tidak diubah terlalu banyak atau dibiarkan dalam keadaan standar hingga tidak membuat harga jualnya turun.

Tahun Kendaraan
Tahun atau usia kendaraan tentunya juga menjadi pertimbangan calon pembeli mobil bekas. Dan tips harga jual mobil tetap tinggi yang selanjutnya adalah agar Anda segera menjual kendaraan yang dimiliki bila usia sudah di atas 5 tahun atau harganya semakin terjun ke bawah. Karena memang semakin tua usia mobil maka nilainya memang akan semakin turun.

Pada umumnya, untuk mobil yang telah digunakan lebih dari 5 tahun akan mengalami penurunan harga 20% hingga 40% dari harga beli. Bahkan dalam waktu dekat pemerintah juga akan memberlakukan syarat maksimal usia kendaraan yang layak pakai.

Kelengkapan Surat
Jangan pernah diabaikan sekalipun mengenai kelengkapan surat-surat kendaraan. Sekalinya hilang, maka kendaraan akan terjual sangat murah atau bahkan tidak bisa dijual sama sekali. Surat atau dokumen yang tidak boleh hilang adalah BPKB atau Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor. Kemudian STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan serta surat-surat resmi pendukung lainya.

Itulah tips harga jual mobil tetap tinggi dan Anda tidak mengalami terlalu banyak kerugian. Masih ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan seperti misalnya, tidak menunda terlalu lama membuat keputusan ketika proses tawar menawar telah terjadi. Jangan sampai Anda kehilangan calon pembeli hanya karena Anda berharap ada penawar lainnya yang lebih tinggi. Alih-alih menunggu yang terbaik, Anda hanya mendapat kerugian lainnya karena harga mobil semakin merosot.

Tips harga jual mobil tetap tinggi

 

Tips Harga Jual Mobil Tetap Tinggi dan Tidak Rugi